Cara Membuat Antena Portable Dengan Sistem Induksi


Cara Membuat Antena Portable Dengan Sistem Induksi


Cara Membuat Antena Portable Dengan Sistem Induksi - Sekedar info antena portable ini simpel dan gak repot karena dengan system induksi ini modem gak usah ngikut dengan antenanya seperti pada jenis antena biquad dan bazoka. Cara Membuat Antena Portable Dengan Sistem Induksi dapat bekerja untuk segala jenis koneksi mobila broadband dalam hal ini GSM dan CDMA (800 Mhz, 900 Mhz, 1800 Mhz, 1900 Mhz dan 2100 Mhz).
 
Alat dan bahannya :
1. Alat
Silet dan Pisau Cutter
Mistar minimal 30 cm
Modem 

2. Bahan
Kabel RGU6
Aluminium Foil
Pipa paralon atau tabung silinder menyerupai pipa max diamternya 3 cm
Isolasi
2 penutup botol yang pas di ujung pipa

Jika alat dan bahan sudah siap, sekarang saatnya kita meracang antenanya :
Kupas kabel RGU6 dengan menggunakan pisau cutter seperti gambar dibawah, usahakan saat dikupas disiapin dan disesuaikan sesuai panjang pipa atau tabung silinder yang sobat pakai kebetulan panjang pipa atau tabung silinder yang saya gunakan adalah 21 cm maka panjang yang saya gunakan didaerah yang saya kupas adalah sekitar 50 cm.

Setelah itu buat kawatnya melilit seperti gambar  dibawah, ingat 1 jenis lilitan minimal sebanyak 10X dan jarak antara lilitan 1 dan lainnya adalah minimal 2 cm.

Sekarang lubangi salah satu tutup botol sesuai dengan ukuran kabel dan jangan sampai longgar lubangnya. Setelah itu pisahin antara kawat dan seratnya, hal ini agar kita bisa membuat balance (penyeimbang) nantinya di antena.

Sekarang kita masuk ke pembuatan dan perancangan pipa atau tabung silindernya, disini saya menggunakan tabung silinder kertas dari hasil saya mulung alias nemu di kamar hehehe... tapi saya sangat menyarankan untuk sobat yang ingin membuat antena untuk menggunakan pipa paralon agar lebih optimal nanti hasil akhirnya.
Disini saya menggunakan tabung silinder panjangnya 21 cm dan sobat lubangi salah selimutnya kira-kira 2 cm dari ujung lubang pipa seperti pada gambar dibawah, ini dilakukan agar ada tempat untuk menyimpan serabut kabel RGU6 untuk dijadikan penyeimbang.

Nah sekarang dari step sebelumnya dudukan udah beres begitupula dengan tabungnya, nah sekarang kita gabungkan antara tabung dan dudukannya, nanti jangan lupa masukin serabutnya di lubang penyeimbang yang sudah sobat buat, untuk lebih mudah mungkin bisa liat gambar dibawah, (kalau bisa bagian dudukan ketika sudah pas masuk ke ujung tabung atau pipa bisa langsung diplaster atau di lem biar makin kuat daya rekatnya).

Udah selesai dengan dudukan dibawah sekarang penutup lagi yang paling atas, nanti sobat lubangi juga dan jangan lupa bagian penutup kalau bisa di lem atau diplaster biar kuat daya rekatnya seperti dengan dudukannya.

Sekarang waktunya untuk bungkus-bungkus (kalau menurut saya ini step paling gambang). Nah disini sobat langsung bungkus tuh antenanya denga aluminium foil kalau bisa 3 lapis ajah yah minimal agar lebih bagus hasilnya nanti.

Biar makin gak bocor sampai tumpeh-tumpeh bawahnya di solasi yah make lakban biar makin kuat. Nah sekarang waktunya buat model induksi antena kita sob. Nah siapkan lempengan besi seperti yang saya punya dan pas dengan ukuran modem sobat agar lebih mudah pencocokannya.

Nah sama seperti sebelumnya pada saat membuat jenis induksi sobat pisahkan lagi antara kawat dan serabutnya jadi disini kenapa saya pisahkan karena saya akan menyamakan penyeimbang yang kita buat sebelumnya diantena yangs udah jadi, jadi sobat harap panjangkan yah kawat yang dikupas agar pada saat melakukan pelilitan jadi lebih max hasilnya.

Nah saat menggabungkan lempengan besi dengan kabel RGU6 yang sudah dikupas tadi seperti gambar saya dibawa serabutnya diletakkan di paling bawah lempengan dan ingat serabutnya kalau sudah tepat pada tempatnya kalau bisa disolasi agar nanti gak bersentuhan langsung dengan kawatnya agar tidak terjadi kesalahan metode. Dan juga kawatnya harus dililitkan dilempengannya juga. Ingat lilitannya minimal 5 lilitan.

Penjelasan melalui gambar :


















Hasil monitoring menggunakan QXDM 



Nah hasil download


Sumber : berbagisoftware28.blogspot.com

________________________________________________________________________
Terima kasih sudah mampir di aldo-share
Silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan sopan
Silahkan masukan komentar jika ada pertanyaan
Dengan senang hati jika anda mempunyai saran untuk kami
Silahkan sobat copy/paste jika bermanfaat
Dan camtumkan link sumber www.aldoshare.com
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
Jika Anda ingin selalu mengikuti update software terbaru dari ALDO-SHARE silahkan klik tombol like pada Facebook dan tombol join/sign in pada Gmail
Mari kita saling membantu dan berbagi sesama Blogger
Semoga semua artikel yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda semua
________________________________________________________________________

No comments:

Post a Comment