Google Bersiap Melebur Chrome OS Dengan Android


Google Bersiap Melebur Chrome OS Dengan Android

Seperti diwartakan oleh Wall Street Journal, Alphabet (induk perusahaan Google) bersiap melebur Chrome OS ke dalam sistem operasi Android.

Chrome OS merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang Google untuk bekerja melalui aplikasi web dan aplikasi ter-install. Berbeda dengan Android, Chrome OS ditujukan untuk laptop, seperti Chromebook yang diluncurkan di tahun 2011.

Google sendiri sebenarnya sudah dua tahun mengerjakan persatuan dua sistem operasi ini. Hasil penggabungan Chrome OS dan Android akan diungkap di tahun 2017, namun versi awalnya akan ditunjukkan kepada khalayak luas tahun depan, menurut sumber WSJ.

Salah satu pertanda Google sudah tidak mengharapkan Chrome OS muncul sejak akhir September lalu. Bersamaan dengan peluncuran ponsel Nexus 5x dan 6p, Google meluncurkan Pixel C, sebuah tablet yang bisa dikombinasikan dengan aksesoris papan ketik untuk menjadi sebuah laptop. Papan ketik dan tablet terhubung melalui Bluetooth, dan ditempelkan menggunakan magnet yang kuat.

Meskipun Pixel C adalah sebuah tablet dengan konsep bisa bertransformasi menjadi laptop, nyatanya Google lebih memilih untuk menyematkan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ke gawai dengan layar 10,2 inci itu ketimbang menggunakan Chrome OS.

Tadinya Chrome OS dilihat sebagai kompetitor untuk Microsoft Windows, namun direktur teknis Chrome OS, Matthew Papakipos menyanggahnya. Seperti diwartakan ArsTechnica tahun 2010 lalu, Papakipos menyatakan Chrome OS dan Windows tidak akan saling menyinggung, karena Chrome OS ditujukan untuk netbook, laptop kecil dengan komputasi minim, sehingga tidak bisa menjalankan program berat seperti Adobe Photoshop atau game Call of Duty.

Juga di tahun 2010, Apple meluncurkan iPad, tablet fenomenal yang kemudian menjadi cetak biru berbagai tablet berikutnya dengan sistem Android, bahkan Windows.

Kepopuleran tablet menjadi penyebab penjualan laptop menurun, menurut data IDC, terutama netbook seperti Chromebook. Sebabnya, netbook tidak memiliki komputasi tinggi, namun memiliki ukuran lebih besar dari tablet, sehingga orang lebih memilih tablet untuk komputasi ringan atau untuk sekedar bersenang-senang.

______________________________________________________________________
Terima kasih sudah mampir di aldo-share
Silahkan tinggalkan komentar dengan baik dan sopan
Silahkan masukan komentar jika ada pertanyaan
Dengan senang hati jika anda mempunyai saran untuk kami
Silahkan sobat copy/paste jika bermanfaat
Dan camtumkan link sumber aldo-share.blogspot.com
______________________________________________________________________
______________________________________________________________________
Jika Anda ingin selalu mengikuti update software terbaru dari ALDO-SHARE silahkan klik tombol like pada Facebook dan tombol join/sign in pada Gmail
Mari kita saling membantu dan berbagi sesama Blogger
Semoga semua artikel yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda semua
______________________________________________________________________

No comments:

Post a Comment